Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

4 min read

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil – Bagi ibu yang sedang hamil sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri dan juga bayi yang sedang dikandungnya dengan memakan makanan yang bergizi untuk perkembangan sang bayi dan apabila sang ibu ingin bayinya dapat berkembang dengan sehat dan optimal selama berada di dalam kandungan maka mulailah mengurangi makanan yang tidak sehat dan memperbanyak makanan-makanan yang sehat, rendah kolesterol serta aman baik bagi ibu maupun bayi.

Tetapi memilih makanan yang baik, sehat dan bernutrisi terkadang tidaklah mudah dan masih banyak ibu yang tidak tahu makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan. Kali ini kami telah merangkum 10 jenis makanan yang baik untuk ibu hamil supaya bayi yang masih di dalam kandungan dapat bertumbuh dengan sempurna dan sang ibupun dapat terus menjaga kesehatannya hingga hari persalinan tiba.

Dan berikut ini adalah 10 jenis makanan yang baik dan sehat untuk ibu hamil supaya bayi dapat tumbuh sehat dan optimal selama masih berada di dalam kandungan :

1. Telur

Telur memiliki begitu banyak manfaat bagi ibu yang sedang hamil karena telur mengandung banyak kalori, lebih dari 12 vitamin, mineral dan juga protein yang sangat penting bagi kehamilan. Protein sangatlah dibutuhkan bagi perkembangan sang bayi maupun bagi ibu yang sedang hamil.

Telur juga kaya akan choline yang memberi kontribusi besar di dalam pertumbuhan bayi dan juga perkembangan otak bayi di dalam rahim serta mencegah terjadinya kecacatan di dalam rahim. Omega 3 yang terdapat di dalam telur juga bermanfaat untuk perkembangan otak dan penglihatan sang bayi.

Tetapi perlu juga diperhatikan bagi ibu yang memiliki masalah kolesterol untuk tidak terlalu banyak memakan telur, akan tetapi bagi ibu hamil yang tidak memiliki masalah dalam hal kolesterol maka disarankan memakan 1-2 telur setiap harinya.

2. Ikan Salmon

Ikan Salmon sangat kaya akan protein dan berbagai vitamin seperti vitamin B, B12 dan juga selenium yang penting bagi perkembangan si bayi, ikan Salmon juga kaya akan minyak Omega 3 yang sangat bermanfaat untuk perkembangan saraf dan penglihatan bayi.

Tetapi perlu diketahui bahwa ikan yang berasal dari laut seperti Salmon besar kemungkinannya terkontaminasi oleh zat merkuri tetapi tidak usah khawatir karena ikan Salmon telah dikaterogikan sebagai ikan dengan kandungan merkuri yang paling rendah akan tetapi bagi ibu yang sedang hamil, disarankan untuk tidak terlalu sering memakannya, cukup seminggu sekali.

Bagi ibu yang sedang hamil perlu diingat untuk tidak memakan ikan Salmon yang mentah seperti sushi, memakan apapun yang mentah ataupun setengah matang saat sedang hamil sangatlah tidak disarankan tetapi usahakan untuk memasak makanan sampai benar-benar matang.

Minyak ikan salmon omega 3 juga saat ini banyak tersedia di pasaran dalam bentuk soft gel sehingga memudahkan ibu hamil untuk mendapatkan esensi penting dari ikan salmon tanpa harus takut terkontaminasi oleh zat seperti merkuri karena sudah melalui proses penyaringan yang ketat.

3. Brokoli

Sayuran yang satu ini tidak hanya kaya akan nutrisi seperti kalsium dan folat yang diperlukan untuk perkembangan janin, akan tetapi juga kaya akan serat dan antioksidan yang mampu melawan berbagai macam penyakit. Kandungan vitamin C yang terdapat pada brokoli juga dapat membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik.

4. Oatmeal (Gandum)

Gandum atau Oatmeal sangatlah bermanfaat terutama untuk menurunkan kolesterol dalam darah juga dapat membuat seseorang tahan lapar lebih lama sehingga dapat mencegah ibu hamil dari obesitas atau kelebihan berat badan yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diabetes ataupun jantung.

Usahakan memakan oatmeal yang tidak dicampur dengan pemanis seperti rasa coklat atapun dengan gula yang berlebih tetapi makan oatmeal yang plain (tawar) supaya kadar gula dalam tubuh tidak menjadi tinggi. Memakan oatmeal beberapa kali dalam seminggu sangat disarankan untuk ibu hamil.

5. Roti Gandum

Makanan lainnya yang terbuat dari gandum adalah roti gandum yang banyak mengandung zinc maupun zat besi serta kaya akan serat. Gantilah kebiasaan memakan roti putih dengan roti gandum selama masa kehamilan untuk mendapatkan asupan serat yang cukup untuk ibu yang sedang hamil.

6. Makanan yang Mengandung Kedelai

Makanan seperti tempe dan tahu atau makanan lainnya yang terbuat dari kacang kedelai sangatlah baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung banyak protein yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan protein bagi janin bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan.

7. Ayam

Ayam memiliki kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Ayam juga mengandung lemak jenuh maupun tidak jenuh dan juga tidak dapat menyebabkan kegemukan. Sudah banyak ahli gizi yang merekomendasikan atau memasukan ikan di dalam menu makanan untuk wanita yang sedang hamil.

Daging ayam khususnya yang tanpa lemak (daging filet tanpa kulit) sangatlah bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil karena rendah kolesterol tetapi kaya akan asam lemak, vitamin E dan juga A, selenium serta niacin.

Nutrisi yang ada pada ayam dapat membantu perkembangan organ tubuh bayi serta melindunginya dari berbagai macam penyakit kronis seperti diabetes, jantung maupun kolesterol tinggi. Ayam juga dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan zinc dan zat besi.

8. Tomat

Makanan yang satu ini mengandung banyak sekali vitamin C serta merupakan makanan favorit semua orang karena dapat makanan begitu saja ataupun sebagai makanan tambahan dalam berbagai macam jenis masakan seperti salad, sup atapun lalapan. Tomat juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel selama masa kehamilan.

9. Buah Kersen

Mungkin selama ini kita menganggap bahwa buah kersen hanyalah buah dari tanaman liar yang kurang berguna. Namun, mulai saat ini anda harus mulai membuang jauh-jauh pemikiran tersebut! Karena ternyata dalam buah kersen terkandung banyak nutrisi penting yang sangat baik untuk ibu hamil seperti mineral zat besi, tembaga, mangan, kalium, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Nutrisi ini berguna sebagai anti peradangan, melancarkan pencernaan, anti penuaan dini serta bisa menenangkan syaraf yang mana ini sangat baik sebagai obat stress pada ibu hamil. Rutin memakan buah kersen selama kehamilan dapat pula menjadikan bayi punya kulit yang putih dan bersih.

10. Yogurt

Bayi memerlukan kalsium untuk perkembangan tulang-tulangnya supaya menjadi kuat dan sehat dan oleh sebab itu diperlukan kalsium yang mencukupi untuk mendukung perkembangan tersebut. Dan kalsium yang terdapat di dalam Yogurt ternyata jauh lebih banyak ketimbang kalsium yang terdapat di susu biasa dan selain kalsium, Yogurt juga mengandung asam folat juga protein yang sangat baik untuk kandungan.

11. Kelapa Ijo

Makanan yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah kelapa ijo. Kelapa Ijo yang biasanya dipakai untuk pengobatan sangatlah baik untuk kulit sang bayi supaya menjadi lebih bersih dan banyak ibu hamil yang sudah mencapai usia kehamilan 7 bulan mulai meminum air kelapa ijo secara rutin.

Perbedaan kelapa ijo dengan kelapa mudah terletak pada warna batok atas nya yang mana pada kelapa ijo berwarna pink kemerah-merahan. Air kelapa hijaupun terasa lebih tawar dibandingkan dengan kelapa muda dan tidak ada daging yang bisa dimakan di kelapa ijo.

Menjaga pola makan yang sehat selama masa kehamilan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi ibu yang sedang hamil untuk memastikan bayi dapat berkembang secara sehat dan optimal serta terhindar dari segala macam hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran atau kehamilan yang prematur.

Selain menjaga pola makan dengan makanan yang sehat, ibu hamil juga harus selalu melakukan gaya hidup sehat seperti menyediakan waktu untuk berolahraga, senam hamil atau mulailah melakukan aktivitas seperti jalan pagi ataupun berjemur di pagi hari karena paparan sinar matahari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D yang bagus untuk tulang ibu dan janin.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *